10 Tips Menggunakan Media Sosial Dengan Aman Bagi Remaja

 

Pada era informasi ini , kita banjir informasi,  apapun bisa kita dapatkan secara cepat, lewat internet dan sosial media. Cara orang membaca berita pun kini sudah berubah. Awalnya orang-orang membaca berita lewat koran, dan sekarang orang lebih suka membaca berita lewat media online.

Atau stalking dari status yang terdapat di berbagai media sosial, seperti : facebook, twitter, instagram, path, dan lain sebagainya.

Teknologi internet semakin hari semakin berkembang. Dan kalian para remaja, biasanya selalu menjadi yang pertama mencoba berbagai produk dan jasa yang ditawarkan lewat internet.

Dari mulai aplikasi chatting sampai belanja online, dan tentu saja jejaring media sosial, dari mulai Facebook, twitter, sampai seperti yang baru seperti Bigo dan sebagainya.

Akses ke jejaring media sosial sudah menjadi keseharian yang akrab di kalangan remaja. Melalui smartphone, anda dengan mudah terhubung dengan dunia. Bahkan menurut data dari Kominfo, mayoritas pengguna media sosial di Indonesia adalah kalian yang berusia antara 15 – 19 tahun, 80% dari total 79 juta jumlah pengguna media sosial di Indonesia.

Bayangkan, sekitar 63 juta pengguna media sosial adalah kalian yang berumur antara 15 – 19 tahun. Pertanyaannya, sudahkah kalian mengetahui cara menggunakan media sosial dan internet dengan aman?  

menggunakan media sosial

Nah, berikut ini adalah 10 tips bagi kalian untuk menggunakan sosial media dengan aman.

  1. Gunakanlah username yang mewakili diri 

Usename adalah identitas yang kalian gunakan untuk login ke akun sosial media. Gunakanlah username yang mewakili nama dan memudahkan orang untuk mengingat nama, dan memudahkan mesin pencari merangkum postingan kalian.

  1. Pelajari kebijakan privasi ketentuan akun media sosial

Mempelajari kebijakan privasi dan ketentuan akun media sosial adalah sangat penting, karena ini menyangkut keamanan diri kalian sebagai pengguna. Klik link layanan dan ketentuan pada situs media sosial tersebut, untuk mengetahui konsekuensi dari pemakaian media sosial tersebut, terkait dengan layanan yang mereka berikan dan informasi pribadi yang kalian cantumkan di situ.

  1. Pentingkah untuk tetap masuk?

Bila mengakses facebook, twitter, email, atau apapun layanan yang membutuhkan username dan password untuk login ke akun kalian, maka perhatikan ini. Khususnya kalau dilakukan dari komputer yang dipakai banyak orang, misalnya di warnet. Selalu pastikan kalian TIDAK MENCENTANG kotak cek “Biarkan saya tetap masuk” pada saat login ke akun kalian tersebut.

Ini hal yang kelihatannya sepele, dan mungkin kadang tidak menjadi perhatian. Namun jika orang lain berhasil membuka akun sosial media kalian, mereka akan meng-hack akun tersebut, melakukan hal yang memalukan, dan merugikan.

  1. Membatasi Informasi di profil

Batasi informasi yang terdapat di profil akun media sosial kalian, jangan memberikan informasi terlalu detail, apalagi kalau bisa dilihat oleh semua pengguna (public). Berhati-hatilah, karena informasi ini bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab jika mereka mengetahui persis nomor telepon, alamat rumah, dan hal-hal pribadi yang berhubungan dengan kalian.

  1. Sosial media adalah perpanjangan tangan di dunia maya

Jadikanlah akun sosial media sebagai perpanjangan tangan kalian di dunia maya. Bertemanlah dengan orang-orang yang benar-benar sudah kalian kenal, dan bertemanlah dengan orang-orang yang ingin kalian kenal.

Bertemanlah dengan akun sosial Presiden Jokowi, artis favorit kalian, motivator, dan orang-orang lain yang menarik perhatian kalian. Pilihlah teman-teman yang memiliki energi positif untuk kebaikan diri kalian.

  1. Postinglah sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain

Postinglah sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, tuliskan kutipan dari buku menarik yang kalian baca, kiat blogging, kiat menulis kreatif, dan hal-hal lain yang mencerahkan. Jadilah inspirasi bagi orang lain.

  1. Cantumkan sumber ketika membuat postingan, perhatikan hak cipta orang lain

Bacalah secara teliti setiap postingan menarik yang kalian temukan, dan sebarkan kepada teman-teman kalian dengan mencantumkan sumber tulisan sebagai bentuk penghormatan terhadap hak cipta orang lain.

  1. Kenalilah siapa saja yang ada di jaringan pertemanan 

Kenalilah siapa saja yang ada di jaringan pertemanan kalian, sapa dan ajak mereka berkomunikasi dengan bahasa yang santun. Kelompokkan mereka dalam kelompok-kelompok teman sesuai kriteria, untuk memudahkan kalian menyapa mereka. Misalnya : teman sekolah, teman blogging, teman baru, dan lain sebagainya.

  1. Jadikan sosial media sebagai etalase karya 

Jadikan sosial media sebagai etalase karya, postinglah link artikel yang berhasil kalian tulis di media online. Postinglah live tweet tentang seminar yang kalian ikuti, dan tautkan link blogging kalian di akun sosial media. Sehingga setiap kali melakukan posting,  judul postingan kalian berikut linknya akan muncul di akun sosial media secara otomatis.

  1. Akses situs sosial media dengan awalan https://

Akses  sosial media yang berawalan https:// menunjukkan bahwa data profil kalian aman dan terlindung dari kemungkinan pencurian informasi selama berselancar di dunia maya. Dan jangan lupa untuk mengganti pasword secara periodik dan selalu log out setelah mengakses akun sosial media kalian.

Selamat berselancar dan bersahabat di dunia maya. Sesekali kunjungi teman-teman kalian di dunia maya secara nyata. Hampiri dan ajak mereka ngobrol sambil minum kopi.

Memiliki satu sahabat di dunia nyata lebih membahagiakan daripada seribu sahabat di dunia maya. Karena satu sahabat di dunia nyata akan selalu ada saat kalian membutuhkannya.

 

about author

HSPG Tangsel

agung@homeschoolingjaksel.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

error: Content is protected !!