Antusias Belajar Pertanian Dan Perternakan di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Tangsel

HSPG PRIMAGAMA BSD dan Bapak/Ibu DKPP Tangsel

Pada Hari Senin, 15 Oktober 2018. Siswa-siswi Sekolah Dasar dari Homeschooling Primagama BSD berkunjung ke Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan ( DKPP) Kota Tangerang Selatan yang bertempat di Jln. Letnan Soetopo Kav 1 No. 1 Sektor 1.1 BSD City.

Pada kunjungan kali ini, Pihak DKPP sangat antusias menyambut dan mengenalkan kepada siswa-siswa megenai tanaman Hortikultura berupa sayur mayur dan buah-buahan. Mereka memberikan banyak pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman dan cara menanamnya dari peletakan benih hingga proses pemetikannya.

Siswa-siswa di ajak berkeliling perkebunan dengan berjalan kaki. Rasa antusias dan ceria berkembang diwajah para siswa dan guru. Siswa juga diajak bercengkrama aktif dalam bertanya dan menjawab mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui. Selain mengenal berbagai jenis tumbuhan, Pihak DKPP juga mengajak ke lokasi perternakan yang berada disisi sebelah Barat kantor DKPP. Pertama, siswa diajak mengenal tentang Kambing Hibrid Boreno. Kambing yang merupakan persilangan dengan domba. Kambing ini memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar daripada umumya dengan bulu yang lebat. Siswa yang merasa awalnya takut menjadi penasaran dan berani menyentuh sambil memberi makan hewan ini.

Perternakan lain yang dimiliki oleh DKPP Tangsel ini adalah berbagai jenis ikan seperti : Ikan Lele, ikan Mas, ikan Mujaer, ikan Bawal, ikan Nila, dan Ikan Sidat. Ikan yang ditunjukan kepada kami berupa anakan dan indukannya. Anak-anak diberikan panganan sendiri-sendiri ditangan mereka yang kemudian memberikan secara langsung kepada ikan yang ada. Ikan yang sangat membuat anak-anak penasaran ialah Ikan Sidat. Ikan yang mirip belut tetapi memiliki bentuk kepala yang menyerupai ular ketika muncul ke permukaan.

Setelah puas berkeliling, anak-anak diajarkan tentang bagaimana cara menanam Sawi dengan baik dan benar. Kegiatan penanaman diawali dengan menggali lahan dengan kayu, meletakkan benih, hingga proses penyiraman. Mereka melakukan kegiatan ini sendiri-sendiri sehingga diharapkan praktek menanam sayuran ini dapat dilakukan oleh mereka dirumah bersama orangtua.

Akhir dari kegiatan eksplorasi DKPP ini adalah siswa diajak me-review kembali tentang apa saja yang telah mereka pelajari di DKPP ini. Walaupun cuaca panas, namun tidak menutupi rasa antusias siswa untuk belajar bersama alam. Tak lupa, antara pihak DKPP dan Homeschooling Primagama memberikan cinderamata berupa plakat dan bibit tanaman cabai rawit yang dapat ditanam oleh mereka dirumah.

By : Ririn Munawarah.

about author

HSPG Tangsel

agung@homeschoolingjaksel.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

error: Content is protected !!